Pengertian Hard Disk Beserta Kegunaannya

pengertian hard disk

Bagi teman-teman yang sedang mencari artikel mengenai pengertian hard disk, maka sudah benar datang ke blog ini. Karena kali ini saya akan membahas secara lengkap mengenai pengertian hard disk.

Pengertian Hard Disk Lengkap Beserta Kegunaannya

Hard disk adalah salah satu perangkat keras komputer atau laptop yang berfungsi untuk menyimpan atau membaca data. Hard disk memiliki sifat non-volatile memory yang artinya data akan tersimpan secara permanen meskipun komputer atau laptop dimatikan. Berbeda dengan RAM yang hanya menyimpan data ketika komputer menyala saja, ketika komputer dimatikan maka data akan hilang.

IBM adalah perusahaan pertama kali yang memperkenalkan hard disk tepatnya pada tahun 1956. Kemudian pada tahun 1960-an menjadi standar penyimpanan untuk penggunaan komputer umum. Sampai sekarang pun hard disk masih dominan sebagai perangkat penyimpanan untuk komputer atau laptop.

Hard disk masih menjadi primadona perangkat penyimpanan saat ini. Dibandingkan kompetitornya SSD, hard disk memiliki harga yang lebih terjangkau bahkan perbandingan harganya terbilang cukup jauh.

Kalau berbicara soal performa, memang hard disk kalah dari SSD. Kalau saya bilang sih kalah jauh. Tapi semuanya kembali lagi pada kebutuhan. Kalau kebutuhan Anda misalnya hanya untuk mengetik, browsing, dan streaming saya rasa menggunakan hard disk sudah cukup untuk mendukung aktivitas tersebut

Soal ketahanan hard disk memang sangat sensitif terhadap guncangan karena komponen-komponennya masih berupa magnetik dan piringan.

Tahukah Anda jika mematikan komputer secara paksa dapat merusak hard disk? Nah ini mungkin banyak orang yang belum tahu. Sering mematikan komputer secara paksa dapat menurunkan performa hard disk. Begitu pula ketika listrik mati mendadak akan membuat komputer mati mendadak dan berimbas pada penurunan performa hard disk. Jika hal ini sering terjadi maka lama kelamaan hard disk akan rusak.

Hard disk juga bisa menjadi penyebab komputer lemot karena masalah seperti di atas. Memformat hard disk secara terus menerus juga akan membuat hard disk cepat rusak. Biasanya hal ini dilakukan ketika melakukan install ulang sistem operasi. Apabila komputer Anda lemot maka bisa jadi hard disk Anda lemah atau sudah bermasalah.

Perlu teman-teman ketahui juga bahwa hard disk komputer dan laptop itu berbeda. Hard disk komputer memiliki ukuran 3.5 inchi. Sedangkan hard disk laptop hanya berukuran 2.5 inchi. Jadi jangan sampai salah pilih ketika hendak membeli hard disk. Berbeda halnya dengan SSD yang tidak memiliki perbedaan sama sekali antara untuk komputer atau laptop.

pengertian hard disk

Untuk brand hard disk yang populer saat ini dan digunakan oleh banyak orang adalah merk Seagate dan Western Digital (WD). Saya rasa kedua brand ini sangat kuat dipasaran hard disk khususnya di Indonesia. Masing-masing brand memiliki keunggulan dari segi performa, harga, dan ketahanan.

Jadi sudah paham kan kalau seluruh data yang ada di komputer itu disimpannya dalam hard disk? Jadi jangan khawatir data hilang ketika komputer mengalami mati total, blue screen, dan black screen. Karena ini tidak akan mempengaruhi data di hard disk. Sebenarnya data dihard disk itu akan aman sampai kapanpu. Yang bisa membuat data hilang hanya format dan hapus.

Ketika hard disk rusak, tidak usah khawatir karena data aman tersimpan dalam piringan hard disk. Hanya saja jika hard disk sudah benar-benar tidak terbaca, maka proses mengambil data didalamnya akan sedikit lebih rumit dan membutuhkan tenaga ahli dibidang ini. Dan yang pasti biayanya juga akan mahal.

Itulah pengertian hard disk yang bisa saya jelaskan. Apabila ada tambahan atau pertanyaan silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Hard Disk Beserta Kegunaannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel