Panduan Memilih Laptop Gaming Terbaik

Panduan Memilih Laptop Gaming Terbaik

Saat ini ada banyak sekali game-game keren yang bisa dimainkan baik secara online maupun offline. Seperti saat ini lagi heboh-hebohnya main game Apex Legends dan PUBG. Melihat dari kedua game yang lagi populer saat ini tentunya membutuhkan spek PC yang tinggi. Makanya jangan sampai salah dalam memilih perangkat untuk bermain game.

Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini banyak brand laptop berlomba-lomba untuk menciptakan laptop gaming. Tentunya dengan adanya laptop gaming akan lebih mempermudah para pecinta game ketika hendak memainkan game yang diinginkan.

Laptop merupakan salah satu media yang paling banyak digunakan untuk bermain game saat ini. Laptop memiliki keunggulan yaitu mudah dibawa kemana-mana. Hal inilah yang membuat banyak pengguna PC beralih menggunakan laptop untuk bermain game. Apabila kita menggunakan PC untuk bermain game, maka sudah bisa dipastikan kita akan berada di rumah atau di kosan terus. Tetapi dengan adanya laptop gaming, kita bisa bermain game dengan teman-teman disuatu tempat. Dengan begitu tentunya bermain game akan lebih seru.

Laptop yang digunakan untuk bermain game itu tidak sembarangan loh. Ada spesifikasi khusus yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan sebuah game secara maksimal. Setiap game membutuhkan spesifikasi laptop yang berbeda-beda, mulai dari laptop dengan spesifikasi sedang dan bahkan ada juga yang membutuhkan spesifikasi laptop yang tinggi, misalkan game PUBG, PES, Dota 2, dan lainnya.

Laptop untuk game tidak harus baru, bisa juga dengan menggunakan laptop bekas dengan spesifikasi yang masih bisa diandalkan. Itu semua tergantung budget Anda. Laptop bekas bukan berarti laptop itu sudah jelek, hanya saja laptop itu telah digunakan oleh orang sebelumnya. Jadi kami sarankan apabila anda ingin membeli laptop bekas untuk bermain game, telitilah terlebih dahulu, mulai dari hardware, performa dan software. Atau Anda juga bisa membawa teman yang lebih mengerti mengenai dunia komputer dan laptop.

Nah, kali ini akan kami berikan beberapa tips memilih laptop gaming yang tepat dan sesuai kebutuhan. Berikut tips-tipsnya:

1. Teliti Dalam memilih GPU

Pada laptop gaming salah satu komponen penting adalah GPU. Komponen ini berperan mengolah grafis 3D pada game yang dimainkan. Jadi, pastikan Anda memilih laptop gaming dengan GPU yang terbaik agar performa gaming yang dimainkan lebih bagus alias tidak ngelag atau patah-patah.

Saat ini ada 2 merk GPU yang populer dikalangan gamers, yaitu AMD dan Nvidia. Namun menurut pengamatan kami Lebih banyak orang yang menggunakan Nvidia karena terbukti menghasilkan performa yang lancar.

Bukan berarti AMD tidak banyak penggunanya. Itu semua tergantung kebutuhan dan kenyamanan ketika menggunakannya.

Jujur saya sendiri belum pernah menggunakan AMD. Jadi tidak bisa membandingkan kedua merk GPU ini secara detail.

2. CPU penting, tapi bukan prioritas

Peran CPU dalam laptop gaming terbilang penting namun tidak sekrusial GPU.

CPU yang memiliki clock yang lebih cepat dengan core yang lebih banyak tentu saja akan jauh lebih powerful jika digunakan untuk editing video, editing foto, dan bahkan desain animasi. Tetapi kalau untuk gaming selama CPU tersebut memenuhi system requirement dari game yang dimainkan, maka kelebihan dari performa CPU tidak akan begitu berpengaruh terhadap kelancaran game yang dimainkan.

Sebagai contoh, lihatlah pada notebook Alienware. Alienware paling rendah menggunakan Intel Core i5 dual-core 2.6GHz, kelas menengah menggunakan Intel Core i7 quad-core 2.9GHz, dan kelas atas menggunakan Intel Core i7 quad-core 3.1GHz.

Untuk harga Alienware dengan processor 3.1GHz mencapai 10 juta lebih mahal daripada seri 2.9GHz, dan ini merupakan upgrade yang kurang begitu perlu. Alienware dengan processor 2.9GHz sudah bisa menjalankan hampir semua game populer saat ini.

Kembali lagi pada tujuan Anda membeli laptop, jika tujuan Anda membeli laptop hanya untuk game, maka Anda diharapkan lebih bijak dalam memilih seri dari prosessor, agar apa? Agar budget tidak membengkak dan tentunya bisa dialihkan untuk komponen lain yang lebih diprioritaskan.

3. Pilih RAM dengan kapasitas yang besar

Banyak orang yang menggunakan RAM hingga kapasitas 16GB atau bahkan lebih hanya untuk bermain game, dengan harapan akan mendapatkan performa yang lebih maksimal saat bermain game. Cara ini tidak salah, hanya saja Anda diharapkan bisa memaksimalkan budget. Sebenarnya untuk saat ini RAM dengan kapsitas 8GB saja sudah cukup untuk memainkan banyak game

4. Pilih laptop yang sudah menggunakan SSD

Sebenarnya untuk laptop gaming tidak harus menggunakan Solid State Drive (SSD). Tetapi dengan menggunakan SSD akan mampu meningkatkan performa laptop dalam bermain game khsusunya untuk load dan kecepatan game.

SSD telah menggunakan memory chip dan tidak menggunakan plat mekanik seperti halnya pada hard disk. SSD akan menghasilkan kecepatan read-write data yang jauh lebih cepat dibandingkan hard disk.

Tetapi perlu diketahui juga bahwa SSD tidak akan membuat frame rate game menjadi lebih cepat, tetapi bisa membuat game yang anda mainkan menjadi lebih responsive karena proses read-write nya yang sangat cepat.

Anda juga harus banyak memperhitungkan storage yang dibutuhkan, karena harga SSD ini sangat mahal dengan kapasitas yang boleh dikatakan masih sangat kecil.

5. Perhatikan resolusi layar laptop

Saat ini laptop yang memiliki resolusi 1920 x 1080 piksel sudah lebih dari cukup untuk menampilkan gambar grafis game yang memuaskan. Layar IPS akan jauh lebih jernih dan tajam saat digunakan untuk bermain game, hanya saja harganya yang masih dibilang cukup tinggi.

Jadi untuk layar, Anda bisa memilih laptop yang memiliki layar LCD beresolusi 1920 x 1080 piksel karena sudah sangat cukup dan mumpuni.

6. Pilih keyboard yang nyaman

Beberapa laptop gaming memang sudah dilengkapi dengan keyboard khusus yang terlihat lebih keren. Warna nyala yang mencolok membuat laptop gaming terlihat sangat keren.

Namun hal seperti ini tidak begitu diperlukan, laptop yang memiliki keyboard standard juga tidak masalah jika dipilih sebagai laptop gaming asalkan Anda nyaman dalam penggunaanya.

7. Memiliki ukuran dan berat yang lebih

Laptop gaming yang maksimal atau yang kuat itu biasanya memiliki ukuran dan berat yang lebih jika dibandingkan dengan laptop biasa. Ini dikarenakan laptop gaming memiliki GPU yang besar dan ada juga yang dilengkapi dual GPU.

Laptop gaming telah dirancang khusus dibuat lebih besar untuk memastikan sirkulasi udara dan pendinginan terhadap panas dari GPU dan hardware yang lainnya bisa lebih lancar.

Hal ini tidak bisa menjadi acuan murni, tetapi setau kami bahwa semakin kecil dan tipis laptop maka akan semakin kurang powerfull jika digunakan untuk bermain game. Tetapi setidaknya, jika Anda membeli laptop untuk gaming, maka pilihlah laptop yang memiliki sirkulasi udara yang bagus.

Laptop yang kecil, tipis, dan sirkulasinya kurang bagus, maka laptop tersebut akan menjadi cepat overheat saat digunakan untuk bermain game-game berat dalam waktu yang lama.

Berbeda dengan PC, laptop memiliki opsi untuk upgrade yang lebih terbatas. Anda bisa mengupgrade RAM dan hard disk, tetapi tidak akan bisa mengupgrade GPU dan prosessor.

Untuk itu diharapkan agar Anda memilih laptop gaming dengan spesifikasi CPU dan GPU  yang mampu digunakan dalam jangka panjang hingga beberapa tahun kedepan.

Belum ada Komentar untuk "Panduan Memilih Laptop Gaming Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel