Cara Agar Baterai Laptop Awet

Cara Agar Baterai Laptop Awet

Saat ini laptop seakan-akan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan laptop, misalnya menyelesaikan tugas sekolah, tugas kuliah, tugas kantor hingga untuk browsing internet. Dengan menggunakan laptop, sebuah pekerjaan akan terasa lebih ringan.

Laptop saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat kalangan menengah ke atas yang digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas. Laptop akan bekerja dengan baik tentunya berkat dukungan dari berbagai komponen di dalamnya. Salah satu komponen yang keberadaannya sangat dibutuhkan di laptop adalah baterai. Baterai pada laptop ini bisa disebut sebagai "Nyawa" dari laptop. Karena apa? karena dengan adanya baterai dapat membuat laptop bisa digunakan tanpa harus terhubung dengan arus listrik.

Hingga saat ini sudah ada beberapa jenis laptop yang dilengkapi dengan baterai yang awet dan tahan lama saat digunakan. Namun masih ada juga beberapa jenis laptop yang belum dilengkapi dengan baterai yang tahan lama. Daya baterai yang cepat habis pada laptop ini tentunya menjadi salah satu problem bagi pengguna laptop yang sering berpergian. Baterai laptop sebenarnya bisa diisi ulang, hanya saja problemnya adalah tidak disemua tempat menyediakan sumber arus listrik.

Untuk itu, kali ini kami akan mencoba memberikan beberapa cara agar baterai laptop awet. Berikut penjelasan lengkapnya.

  5 Cara Agar Baterai Laptop Awet


1. Charge Sebelum Baterai Mencapai 0%

Jangan pernah mengunggu hingga daya baterai laptop benar-benar habis hingga 0% kemudian baru mengisinya. Kami menyarankan kepada teman-teman agar segera mengecas baterai laptop saat dayanya sudah kurang dari 15%. Jika Anda menunggu hingga baterai laptop benar-benar habis, bahkan hingga laptop tiba-tiba mati karena baterainya habis, maka hal itu akan memberikan dampak yang kurang baik bagi performa baterai yaitu akan mempercepat terjadinya kerusakan pada baterai.

2. Cabut Charge Saat Baterai Sudah 100%

Entah disengaja atau lupa kebiasaan ini sangat sering terjadi. Padahal salah satu penyebab baterai laptop bocor adalah karena tidak mencabut charger saat baterai sudah 100% atau full. Membiarkan charger tetap terhubung saat kondisi baterai sudah full akan dapat merukan komponen-komponen di dalam baterai. Mulai dari sekarang sebaiknya tinggalkan kebiasaan ini. Hindari mengisi daya sebelum tidur dan saat hendak berpergian.

3 Gunakan Charger yang Original

Meskipun mahal, tapi sebaiknya gunakanlah charger yang original. Jangan pernah menggunakan charger yang murahan atau KW karena jika terjadi hal yang tidak diinginkan harus kepada siapa menuntut? Kalau menggunakan charger original kan sudah pasti kepada brand yang bersangkutan. Permasalahan pada charger tidak original ini adalah arus listrik yang tidak stabil sehingga membuat baterai cepat rusak.

4. Hindari Tempat yang Panas

Menurut pengalaman kami, penempatan laptop itu juga akan mempengaruhi kinerja dari baterai. Apabila laptop diletakkan diruangan yang panas atau terkena sinar matahari langsung, maka hal itu akan dapat membuat laptop bekerja lebih keras sehingga akan berefek ke baterai yang akan cepat habis. Suhu ideal untuk laptop saat digunakan adalah 20-25 derajat celcius.

Jika terpaksa harus menggunakan dan menyimpan laptop di ruangan dengan suhu yang panas, maka sebaiknya gunakanlah cooling pad agar sirkulasi udara menjadi lebih lancar serta dapat mengurangi suhu panas yang berlebihan pada laptop dan juga baterainya.

5. Hindari Aktivitas yang Berat Saat Menggunakan Baterai

Daya baterai akan cepat terkuras jika Anda melakukan aktivitas seperti install aplikasi, mendownload, mendengar musik, dan streaming. Oleh karena itu, sebaiknya tutup saja aplikasi berat yang tidak digunakan lagi. Menjalankan aplikasi yang berat dalam waktu yang bersamaan akan mempengaruhi kinerja RAM dan juga baterai laptop.

Tingkat brightness atau kecerahan layar laptop juga akan menguras daya baterai. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan tingkat kecerahan layar yang agak redup agar baterai laptop menjadi lebih tahan lama.

Terlalu sering mengisi daya baterai juga tidak boleh. "Bentar-bentar ngisi bentar-bentar ngisi", sebaiknya hindari ini. Ini akan menyebabkan performa baterai menurun hingga terjadi kerusakan.

Skema yang dianjurkan adalah ketika baterai laptop menunjukkan masa kritis atau sekitar 10-15% segera isi ulang. Ketika daya baterai sudah 100%  maka segera cabut charger. Berikan laptop waktu untuk istirahat dan jangan terlalu sering mengisi daya baterai. Gunakan charger yang original atau bawaan pabrikan laptop itu sendiri. Insya Allah dengan cara ini baterai laptop akan awet.

Itulah 5 cara agar baterai laptop awet yang bisa Anda terapkan. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman nya ya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Agar Baterai Laptop Awet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel