10 Tips Aman Menggunakan Internet yang Wajib Kamu Tahu

Tips Aman Menggunakan Internet

Setuju gak kalau internet saat ini sudah menjadi kebutuhan yang penting? Kalau kami sih setuju, karena dapat dilihat saat ini aktivitas sehari-hari manusia tidak terlepas dari internet, misalnya browsing, buka media sosial, dan streaming.

Dengan adanya internet tentu akan mempermudah manusia dalam segala hal, misalnya komunikasi jarak jauh, mencari informasi apa saja, dan lain-lain.

Banyak pengguna internet yang belum mengetahui dan bahkan tidak menyadari bahwa banyak kejahatan yang datang dari dunia maya. Orang-orang awamlah yang biasanya akan menjadi sasaran para penjahat dunia maya mulai dari peretasan hingga melakukan penipuan. Untuk menghindari hal-hal buruk yang dapat menyerang kapan saja, sebaiknya para pengguna internet baik itu di komputer, laptop maupun smartphone mengetahui bagaimana menggunakan internet yang aman.

Berikut akan kami berikan 10 tips agar kegiatan internet Anda bisa menjadi lebih aman dan juga dapat menghindari dari serangan para hacker atau penjahat internet.

1. Pastikan komputer Anda menggunakan kunci keamanan dengan password yang kuat. Selain itu, kunci juga akun-akun yang ada di dalam komputer dengan password yang kuat. Begitu juga pada smartphone, gunakan PIN atau POLA keamanan.

Dianjurkan untuk setiap akun memiliki password yang berbeda-beda, hal ini untuk mengamankan setiap akun yang Anda miliki. Misalkan ada satu akun yang diretas, sedangkan akun yang lainnya memiliki password yang sama dengan akun yang diretas itu, maka kemungkinan semua akun akan diretas. Jika Anda mempunyai banyak akun, maka bisa menulisnya atau menyimpannya di Notepad dan kemudian disimpan di tempat yang Anda rasa paling aman atau kalau gak di Hidden saja biar lebih aman.

2. Ketika Anda hendak memasukkan username, password, PIN, dan lainnya pastikan tidak ada orang yang melihat sekalipun itu teman dekat. Kan zaman sekarang banyak tuh teman makan teman, ya kan siapa tau hehe, tapi semoga saja tidak.

3. Tetap berhati-hati terhadap setiap email yang masuk, lakukan pengecekan dengan teliti terhadap email yang dianggap mencurigakan. Jangan terlalu cepat percaya terhadap berbagai tawaran yang tampak berlebihan dan waspadai pengirimnya. Hacker zaman sekarang sangat cerdik, dia akan mengirimkan sebuah email yang tampak seolah-olah berasal dari seseorang atau sumber yang dapat dipercaya.

4. Jangan lakukan transaksi bank, belanja, pembayaran tagihan, atau kegiatan penting lainnya melalui komputer milik umum, misalnya pada fasilitas internet gratis di bandara, di warnet, atau dari smartphone, tablet, dan laptop yang terhubung dengan koneksi Wi-Fi yang terbuka untuk umum.

5. Hapus SPAM yang ada di email. Jangan berikan alamat email kepada orang yang tidak terlalu Anda kenal atau lembaga yang tidak begitu jelas. Hindari mempublikasikan alamat email di jejaring sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya.

6. Pastikan website yang Anda kunjungi sudah terverifikasi keamanannya dan tentunya terpercaya. Alamat website yang aman biasanya menggunakan "https://" atau akan muncul icon gembok terkunci yang berwarna hijau dipojok kiri atas sebuah browser.

7. Download aplikasi keamanan yang memungkinkan Anda menghapus semua data pribadi dari jauh. Hal ini akan sangat berfungsi ketika smartphone atau tablet Anda hilang atau dicuri.

8. Lakukan pembaruan terhadap software keamanan yang ada di komputer. Untuk software keamanan kini telah tersedia untuk semua jenis perangkat, baik itu komputer, smartphone, tablet, dan laptop. Software kemanan ini berfungsi untuk melindungi perangkat yang Anda miliki setiap saat. Salah satu contoh software kemanan adalah berbagai macam antivirus, misalnya Avira dan Kaspersky.

9. Hindari menampilkan data pribadi secara rinci seperti alamat rumah, bahkan nomor telepon. Ketika Anda mengisikan data diri dengan sangat lengkap, maka bisa saja seseorang yang tidak bertanggung jawab menggunakan informasi tersebut untuk membuat akun palsu bahkan melakukan penipuan terhadap orang lain dengan mengatasnamakan Anda.

10. Gunakan pengaturan privasi atau privacy setting di akun jejaring sosial. Pastikan yang bisa mengakses foto dan status Anda hanyalah orang-orang terdekat atau yang sudah dipercaya. Dan jangan langsung menerima permintaan pertemanan dari orang yang Anda tidak yakin mengenalnya.

Itulah 10 tips aman menggunakan internet. Apakah masih ada yang ketinggalan? Silahkan share pengalaman teman-teman semua pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "10 Tips Aman Menggunakan Internet yang Wajib Kamu Tahu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel