Cara Instal Windows 10 yang Benar dan Lengkap - BisaKompi.com

Selasa, 20 November 2018

Cara Instal Windows 10 yang Benar dan Lengkap

Cara instal Windows 10

Windows 10 adalah sistem operasi yang paling populer saat ini. Hadir dengan membawa banyak fitur-fitur baru yang keren dan canggih membuat Windows 10 menjadi primadona saat ini. Tampilan Windows 10 juga lebih berbeda dari Windows versi sebelumnya.

Hingga saat ini Windows 10 selalu rutin mendapatkan update baik update minor maupun update major. Seakan tidak mau kehilangan banyak penggunanya, Microsoft sebagai perusahaan pengembang sistem operasi ini terus bekerja untuk mengembangkan Windows 10 agar bisa sesuai dengan keinginan dan kebutuhan para penggunanya.

Sampai artikel ini diterbitkan, Windows 10 1809 (October 2018 Update) merupakan versi terbaru dari sistem operasi ini.

Lantas, setiap ada update Windows 10 apakah cara menginstalnya juga akan mengalami perubahan? Berdasarkan pengalaman kami, untuk cara menginstal Windows 10 tidak mengalami perubahan yang signifikan. Hanya saja ada beberapa bagian proses penginstalan yang ditambahkan atau dikurangi. Untuk lebih jelasnya, berikut cara instal Windows 10:

Cara Instal Windows 10


1. Yang perlu diubah hanya pada bagian Time and currency format. Pastikan Anda memilih Indonesian (Indonesia). Dan untuk yang lainnya biarkan saja mengikuti default alias tidak perlu diganti. Klik Next untuk menuju ke tahap selanjutnya.
Cara instal Windows 10

2. Klik Install now.
Cara instal Windows 10

3. Masukkan product key Windows 10, lalu klik Next. Jika Anda tidak mempunyai product key Windows 10, lewati saja tahap ini dengan cara pilih I don't have a product key.

Product key Windows 10 ini bisa didapatkan dengan cara membeli Windows 10 yang asli dengan harga sekitar 2-4 jutaan.

Cara instal Windows 10

4.Berikan centang pada I accept the license terms, lalu klik Next untuk menuju ke tahap berikutnya.
Cara instal Windows 10

5.Pada tahap ini pilih Custom: Install Windows only (advanced).
Cara instal Windows 10

6. Ditahap ini Anda harus membagi kapasitas hard disk menjadi beberapa bagian atau istilah kerennya itu membuat partisi hard disk.

Loh kenapa harus dibagi? Jadi agar nantinya mudah memanagement data-data yang ada di PC/Laptop.

Minimal Anda harus membuat 2 partisi. Partisi pertama digunakan untuk menyimpan file-file sistem operasi. Sedangkan untuk partisi kedua digunakan untuk menyimpan data-data pribadi Anda, semacam dokumen, foto, video dan lain-lain. Jika Anda ingin membuat lebih dari 2 partisi ya boleh-boleh saja.

Dilihat dari System requirements Windows 10, untuk Windows 10 32-bit membutuhkan kapasitas hard disk minimal 16GB. Sedangkan Windows 10 64-bit akan membutuhkan kapasitas hard disk minimal 20GB. Itu hanya untuk menyimpan file-file sistem operasi loh, belum lagi file-file aplikasi yang akan di instal nantinya.

Jadi, untuk kapasitas partisi yang pertama ini sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda. 
Cara instal Windows 10

7. Untuk membuat partisi yang pertama pilih Drive 0 Unallocated Space, lalu klik New, selanjutnya tentukan kapasitas partisi dalam ukuran Megabyte (MB), kemudian klik Apply.
Cara instal Windows 10

8. Klik OK.
Cara instal Windows 10

9. Selanjutnya buat partisi yang kedua dengan cara klik pada sisa partisi pertama tadi (Drive 0 Unallocated Space), lalu klik New, tentukan kapasitas partisi atau jadikan seluruhnya untuk partisi kedua, kemudian klik Apply.
Cara instal Windows 10

2 buah partisi sudah selesai dibuat.

10. Selanjutnya pilih partisi pertama (Drive 0 Partition 2) yang akan dijadikan sebagai lokasi instalasinya, lalu klik Next.
Cara instal Windows 10

11. Proses instalasi Windows 10 sedang berjalan. Proses ini memakan waktu sekitar 20-30 menit.
Cara instal Windows 10

12. PC/Laptop akan otomatis restart sendiri jika proses sebelumnya sudah selesai.
Cara instal Windows 10

Oh ya, jangan khawatir jika nanti PC/Laptop Anda akan sering restart sendiri karena hal tersebut merupakan bagian dari proses instal Windows 10.

13. Pilih Indonesia, lalu klik Yes.
Cara instal Windows 10

14. Pilih US untuk tata letak keyboard, lalu klik Yes.
Cara instal Windows 10

15. Pada tahap ini boleh di Skip.
Cara instal Windows 10

16. Pilih Set up for personal use jika Windows 10 akan digunakan untuk pribadi dan pilih Set up for an organization jika Windows 10 digunakan oleh sebuah organisasi. Karena disini kami menggunakan Windows 10 untuk pribadi maka memilih pilihan yang pertama. Setelah selesai dipilih, lalu klik Next.
Cara instal Windows 10

17. Anda akan diminta untuk login menggunakan akun Microsoft. Jika belum memiliki akun Microsoft, buat terlebih dahulu dengan mengklik Create account dan ikuti proses selanjutnya.

Masukkan email akun Microsoft, lalu pilih Next.
Cara instal Windows 10

18.Selanjutnya masukkan password akun Microsoft Anda, kemudian klik Next.
Cara instal Windows 10

19. Pilih Create PIN untuk memasang kode keamanan pada PC/Laptop.
Cara instal Windows 10

20. Masukkan kode keamanan berupa angka (minimal 6 angka), lalu klik OK.
Cara instal Windows 10

21. Lewati saja tahap ini dengan mengklik Do it later.
Cara instal Windows 10

22. Pilih Next untuk mendapatkan akses OneDrive gartis.
Cara instal Windows 10

23. Klik Yes.
Cara instal Windows 10

24. Klik Accept.
Cara instal Windows 10

25.Pada bagian Networks pilih Yes. Kemudian pada laman Microsoft Edge klik Mulai.
Cara instal Windows 10

26.Windows 10 telah berhasil di instal, berikut tampilan utama Windows 10.
Cara instal Windows 10

Baiklah, saya berharap teman-teman sukses menginstal Windows 10. Jika masih ada yang kurang jelas atau ada tambahan silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah.

Sekian artikel mengenai cara instal Windows 10 semoga apa yang kami jelaskan dapat bermanfaat buat teman-teman semuanya. Terimakasih dan sampai jumpa pada pembahasan menarik selanjutnya.
Comments

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.